Agar fasilitas yang disediakan oleh hotel dapat berfungsi, mak adisertai dengan pelayanan, adapun pelayanan tersebut dapat berupa:corak/gaya pelayanan yang diberikan oleh para karyawan, pelayanan dapat juga berupa waktu buka restoran, pelayanan kebersihan kamar,pelayanan dan penyajian makanan dan minuman di restoran. Pada era ini persaingan bisnis perhotelan yang paling ketat adalah kemampuan hotel untuk memberikan pelayanan yang terbaik.
Beberapa hal yang menyebabkan pelayanan dikatakan berkualitas, menurut Murdick dkk.(1990:4) yaitu: “Suatu aktivitas ekonomi yang memproduksi/menghasilkan waktu, tempat, bentuk dan kebutuhan atau keperluan psikologis. Pelayanan juga dapat berupa:
a. Produk nyata (tangible)
1. Lokasi
Lokasi yang yang dibutuhkan oleh wisatawan adalah lokasi yang strategis dan memiliki nilai-nilai ekonomis yang tinggi , seperti lokasi yang dekat dengan bandar udara, stasiun kereta api, pelabuhan, pusat bisnis, atraksi wisata sehingga memberikan kemudahan tamu untuk mengakses aktivitas lain diluar hotel.
2. Fasilitas
Fasilitas adalah penyediaan perlengkapan phisik yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan tamu serta dapat mempermudah tamu melaksanakan aktivitas selama tinggal di hotel. Fasilitas itu dapat berupa:
o Kamar dengan perlengkapannya seperti air conditioning, Colour TV with in house movie and international chanel, Safe Deposit Box, Hot and Cold water, Minibar, International Direct Dialing telephone, Private bathroom with bathtub and shower, Tea & Coffee making facility, Hair dryer.
ROOM FACILITIES ROOM FACILITIES
• Individual Controlled AC-System• IDD Telephone line• TV with cable program• Internet Access
• Minibar• Cold & Hot Water Available on selected rooms
• Personal safety box• Coffee and tea making facilities• Hair Dryer
o Kamar untuk orang cacat/disable room
o Kamar bebas asap rokok dengan kelengkapannya
o Restoran dan bar dengan berbagai jenis produk makanan dan minuman
o Pelayanan makan dan minuman di dalam kamar
o Pusat bisnis dan sekretaris
o Pusat kebugaran
o Kolam renang
o Ballroom/aula
o Safe Deposit Box/brankas
o Laundry dan dry cleaning/binatu
o Fasilitas hiburan , seperti musik, karaoke
o Fasilitas taman bermain untuk anak-anak/Children play ground
o Baby sitting/layanan pengasuhan anak
o Hotel transportation/kendaraan antar jemput
o Valet parking service/pelayanan memarkirkan kendaraan
o Area parkir yang luas
o Foreign exchange facilities/fasilitas penukaran mata uang asing
o Beauty salon/ salon
o Drug store/toko yang menjual kebutuan sehari-hari
o House clinic/klinik kesehatan
b. Produk tidak nyata(intangible)
Produk tidak nyata adalah segala sesuatu yang berkaitan pelayanan dan pembentukan citra suatu produk dan hotel. Di dalam bisnis perhotelan intangible diberikan bersamaan dengan penjualan produk tangible.
Rasa bersahabat, sopan santun, keramahtamahan dan rasa hormat dari seluruh karyawan merupakan salah satu contoh produk intangible yang sederhana tetapi sangat berdampak pada pembentukan citra hotel.
Agen Taruhan Sabung Ayam Online Terpercaya Indonesia!
BalasHapusSabung Ayam S128 | SV388 | Kungfu Chicken
Tersedia Smartphone Aplikasi Untuk Android / iOS.
Minimal Deposit / Withdraw Hanya Rp.50.000,- Langsung Saja Gabung Dengan Kami www. bolavita. site
Hubungi Customer Service Kami Untuk Info Lengkap (24 Jam ) :
BBM: BOLAVITA
WA: +62812-2222-995
Line : cs_bolavita