search






Senin, 24 Oktober 2011

hotel atittude

HARAPAN TAMU
Tamu adalah manusia biasa yang mempunyai keinginan dan harapan yang berbeda, yang selalu berkembang dan tidak dapat disama-ratakan satu sama lain.
Bagi pegawai hotel, kita harus melayani keinginan dan harapan yang beraneka ragam itu. Agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada setiap tamu, perhatikan hal-hal berikut:
a. Tamu ingin dilayani dengan penuh sopan santun.
b. Tamu ingin keramah tamahan.
c. Tamu ingin mendapatkan pelayanan yang efisien.
d. Tamu ingin anda tersenyum padanya.
e. Tamu ingin sekelilingnya terjaga kebersihannya.
f. Tamu ingin suasana yang nyaman.
g. Kesan yang baik harus sudah ada pada kesempatan pertama.
h. Yang semula isengpun dapat berubah menjadi sungguh-sungguh.
i. Tamu mengharapkan adanya pengertian dari pegawai.
j. Tamu ingin dapat dengan mudah melakukan segala sesuatu.
k. Tamu mempunyai rasa ingin tahu akan banyak hal.
Di dalam dunia perhotelan terdapat satu pedoman yang di sebut dengan Sapta Pesona Pariwisata,pedoman ini sangat erat kaitannya dengan pelayanan dan kenyamanan bagi tamu.maka sebagai seorang yang bekerja di industry perhotelan haruslah selayaknya kita tahu apa isi dari Sapta Pesona itu.
Terdapat 7 poin yang sangan penting di dalam isi Sapta Pesona, di antaranya:
1. Keamanan.
2. Ketertiban.
3. Kebersihan.
4. Kesejukan yang diakibatkan pelestarian lingkungan hidup.
5. Keindahan.
6. Keramahtamahan sebagai tuan rumah.
7. Adanya kenagan bagi tamu (akomodasi yang nyaman, budaya yang mempesona, makanan khas yang lezat dan cinderamata yang menawan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berilah kritik yang membangun